Monday, January 22, 2018

Desa Hargomulyo Garap Wisata Bukit Clongop





Biro DIY-Gunungkidul, Cakrawalaonline - Adanya program pemerintah yang setiap desa mendapatkan kurang lebih sebesar satu milyar rupiah tidak menyenangkan semua pemerintah desa. Terbukti di semua desa di Gunungkidul sebagian mengakui bahwa Dana Desa itu tidak atau belum cukup untuk dibagi ke masyarakat. Memang tidak dibagi ke masyarakat, karena dana itu untuk operasional pemerintahan tingkat desa.
Desa Hargomulyo kecamatan Gedangsari, Gunungkidul DIY merasa berterima kasih dengan Dana Desa itu. Namun dana dari pemerintah dirasa kurang atau belum cukup untuk operasional pemerintahan tingkat desa. Dana Desa yang sering disebut satu milyar itu di Hargomulyo tidak cukup untuk kerja. Karena wilayahnya cukup luas dan padukuhannya cukup besar. “Kami senang ada Dana Desa itu,” aku Sumaryanta kades Hargomulyo.
Kades tetap berusama maksimal untuk mendukung jalannya pemerintahan di tingkat desa Hargomulyo kecamatan Gedangsari kabupaten Gunungkidul DIY. “Ya kita semua harus mendukung pemerintah agar kesejahteraan rakyata kedepan semakin baik dan tercapai memuaskan semua pihak,” ungkap kades Sumaryanta yang senang berkuda.
Kades Hargomulyo yang sebelum menjabat pernah malang melintang dalam kehidupan itu merasa lega bila mampu membuat puas warga masyarakat. Belum lama ini kades harus merampungkan gapura pintu gerbang balai desa. Diselesaikan dengan dana yang cukup banyak. “Kades itu memang harus sebagai ujung tombak sekaligus ujung tombok. Bila program pembangunan tersendat kami harus menyelesaikan dana pribadi,” jelasnya.
Bagi kami beserta perangkat harus saling bahu membahu dalam menyelesaikan pekerjaan di kantor desa. Semua program pembangunan harus selesai sesuai prosedur. Namun kadang ada juga yang tersendat,  sebab itu kades harus turun tangan untuk menyelesaikan. “Bagi kami selaku kades harus mampu menjembatani pekerjaan yang harus selesai pada saatnya. Soal tombok atau nambah biaya pribadi kami dukung,” kata Sumaryanta.
Infrastruktur lainnya di wilayah desa Hargomulyo sedang digarap di masa pemerintahan kadesnya Sumaryanta. Kini sudah dibangun dan dihias gardu pandang di Bukit Clongop. Disini wisatawan dapat melihat pemandangan perbukitan di wilayah kecamatan Gedangsari. Juga bisa melihat lembah di sebelah utara yaitu di wilayah kota Klaten dan sekitarnya.
Pemandangan itu bisa dilihat di tempat obyek wisata Bukit Clongop maupun di obyek wisata Bukit Jaga Tamu. Bukit-bukit indah ini semakin diminati oleh wisatawan daerah termasuk dari kota Klaten, Solo, Semarang dan Magelang serta Semarang. “Para wisatawan sering turun dan menikmati pemandangan indah di Bukit Clongop dan Obyek Wisata Bukit Jaga Tamu desa Hargomulyo,” katanya. (Sab)

0 comments:

Post a Comment